Senin, 23 Mei 2016

Permasalahan Kota Bima

Masalah Kota Bima

Setiap kota pasti mempunyai masalah tersendiri. Kali ini saya akan membahas masalah kota Bima yang ada di balik potensi kota Bima  yang sangat luar biasa. Melihat kondisi eksisting di kota tersebut dirasa masih menjadi masalah untuk permukiman karena di kelilingi bukit serta kontur tanah yang cenderung tidak rata.

Kontur tanah yang tidak rata juga menjadi masalah pada aspek transportasi karena aksesbilitas yang ada akan semakin berkurang untuk kota Bima tersebut. Jika aksesbilitas di kota Bima tidak bagus maka dampak yang terjadi adalah perputaran ekonomi di kota tersebut akan otomatis menjadi terhambat dan hal ini sudah menjadi masalah serius bagi Pemerintah Kota Bima.

Pemasukan kota Bima sendiri di dominasi dari sektor pariwisata karena kekayaan alam yang indah dan pantai yang begitu menawan. Tetapi masalah yang terjadi ialah banyak para wisatawan yang datang ke kota Bima tidak nyaman dengan sarana dan prasarana yang ada. Masalah ini sudah seharusnya di perhatikan oleh Pemerintah setempat agar citra kota Bima tetap terjaga dan bisa menjadi lebih baik.

Masalah yang lebih penting adalah masalah kemiskinan masyarakat kota Bima sendiri. Hal ini dikarenakan kualitas masyarakat kota Bima sendiri baik dalam segi pendidikan maupun pengalaman bekerja belum mampu bersaing di kancah nasional. Untuk menangani hal tersebut Pemerintah Kota Bima hingga tahun ini masih menerapkan sistem Program Keluarga Harapan (PKH) yang sudah di selenggarakan sejak 2014.

Kemiskinan di Kota Bima sendiri dikarenakan para pekerja disana tidak mempunyai pekerjaan yang tetap sehingga masyarakat di kota tersebut tidak mampu untuk membeli bahan pokok keluarga. Masalah budaya di kota ini juga masih sangat harus diperhatikan karena di kota tersebut mempunyai budaya jika perempuan tidak perlu bersekolah karena hanya mengurus rumah tangga. Pemikiran yang seperti ini sudah seharusnya di cerdaskan oleh Pemerintah Kota Bima dengan cara penyuluhan atau sosialisasi tiap RT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar